HPK

fabrikor ikea grebbestad ikea ikea thyge ikea nymane nymane ikea ikea slattum slakt ikea ikea plufsig ikea 360 ikea ranarp lustigt ikea ikea paks bekant ikea ikea england ikea knagglig ikea bekant ikea dinera ikea blanda blank ikea klipsk skogsta ikea ikea saljan ikea tisken ikea sketchup ikea lampa betydlig ikea ikea sortera ikea vimle ikea racka ikea räcka lacko ikea ikea sundvik ikea business ikea galant interikea ikea bergenes ikea brada ikea ps 2017 ikea fredde mala ikea ikea sniglar ikea bor ikea alex drona ikea ikea burvik ikea fniss ikea elvarli ikea kuggis vangsta ikea ikea strandmon sortera ikea tornviken ikea ikea isberget ikea fargrik tjena ikea ikea oddvald ikea ar ikea duktig ikea skruvsta ikea chosigt ikea lego oftast ikea ikea besta ikea molte ikea tjena sporren ikea duktig ikea ekedalen ikea ikea 365 vittsjo ikea ikea mackapar tolsby ikea burvik ikea ikea brusali ikea ordning ikea tjusig ikea hafslo dinera ikea ikea norden iway ikea tisken ikea ikea jokkmokk snille ikea lill ikea signum ikea klipsk ikea ikea musken ikea markus stuk ikea ordning ikea ikea omar ikea vardagen knagglig ikea ikea flisat ikea glis ikea ladda hammarn rinnig ikea ikea forsa tillreda ikea ikea toftbo ikea snille vesken ikea ikea hektar fniss ikea racka ikea räcka ikea ikea ledberg ikea rissla bergenes ikea stora ikea ikea lillangen ikea kura ikea vesken ikea snudda ikea grundvattnet bolmen ikea ikea ps 2014 ikea marit ikea bolmen romma ikea fredde ikea ikea brogrund ikea knopparp finnvard ikea ragrund ikea ikea ps vago ikea oxberg ikea virgil abloh baby ikea

Menu Navigasi

Ini BAHAYA Hidupkan Mesin Agya Terlalu Lama Saat Parkir

Saat di area parkir, sering kali kita menemui mobil yang mesinnya masih nyala. Bahkan dalam waktu yang cukup lama. Biasanya alasannya agar AC mobil tetap nyala dan orang yang berada di dalam mobil tetap merasa nyaman saat menunggu. Anggapannya, kerugiannya paling bensin jadi boros. Padahal, kenyataannya lebih dari itu.

Dengan kondisi itu, untuk mobil yang sudah dilengkapi dengan catalytic converter, seperti Toyota Agya, ini tidak bisa bekerja dengan maksimal. Bahkan, catalytic converter yang terlalu panas bisa memicu kebakaran kalau berada di dekat bahan-bahan yang gampang terbakar.

Catalytic converter adalah komponen yang berfungsi sebagai alat penurun emisi gas buang.

catalytic converter pada toyota agya
Secara teknis, sebetulnya pemanasan suhu catalytic converter memang disengaja. Itulah sebabnya mengapa komponen ini ditempatkan setelah exhaust manifold, agar terkena imbas dari gas buang mesin yang panas.

Pada saat panas, catalytic converter bisa berfungsi sebagai katalis dalam mereduksi gas buang, seperti Hidrokarbon, Karbonmonoksida, dan Nitrogen Oksida.

Meskipun bekerja di waktu panas, suhu pada catalytic converter tidak diperbolehkan melebihi ambang batas yang telah ditentukan, yaitu antara 400-500 derajat celcius. Suhu komponen ini akan tetap terjaga akibat embusan angin saat mobil berjalan.

Oleh karena itu, jika mesin ber-catalytic converter dipanaskan dalam waktu lama saat kondisi mobil Agya berhenti atau parkir, kenaikan suhunya akan melebihi ambang batas yang aman. Selanjutnya, catalytic converter akan membara seperti arang yang siap membakar.

Tips Saat Mobil Agya Anda Parkir

Agar suhu catalytic converter tidak memanas melebihi ambang batas, gunakan mobil Agya anda sesuai buku panduan. Di buku panduan terdapat keterangan, jangan panaskan mesin atau menghidupkan kendaraan dalam kondisi diam lebih dari 20 menit.

Selain hal tersebut, sebaiknya tidak berhenti dan memarkir kendaraan di atas material yang gampang terbakar seperti rumput atau tumpukan daun kering, dan kertas. Akan lebih baik pula jika Anda sedang menunggu, matikan mesin dan carilah tempat yang nyaman di luar mobil Agya anda untuk menunggu.
×
= [ FOLLOW & CLOSE (X) ] To Read Article =

Bagikan ke Facebook

Artikel Terkait