Oli Yang Tepat Untuk Toyota Agya
Oli adalah pelumas yang dirancang untuk melumasi bagian bergerak pada mesin Agya agar seluruh komponen dapat bergerak dengan lancar tanpa macet. Bayangkan logam bergesekan dengan logam tanpa ada pelumas di antaranya, dijamin akan macet dalam waktu singkat. Oli juga berfungsi untuk membersihkan bagian dalam mesin Agya dari kotoran-kotoran yang terjadi akibat sisa pembakaran. Maka dari itu oli merupakan komponen sangat penting untuk Agya Anda agar menjadi awet. Salah memakai oli, mobil Agya akan terasa tidak bertenaga, dan dalam jangka panjang bisa merusak mesin.
Penggunaan oli yang tepat untuk Agya anda disarankan adalah untuk menggunakan yang memiliki spesifikasi yang disarankan oleh pabrikan mobil yakni 5W-30 agar sesuai persyaratan mesin.
5W-30 maksudnya adalah:
5W Artinya: Pada suhu -20oC, kekentalan oli tersebut sama dengan oli SAE 10 yang didinginkan minus 20 dejarat Celcius.
40 Artinya: Pada suhu +100oC, kekentalan oli tersebut sama dengan oli SAE 40 yang panaskan +100 Celcius.
Oli yang mempunyai kode 5W-30 bisa berubah-ubah kekentalannya sesuai dengan suhu disekitarnya.
Apa yang terjadi bila Agya menggunakan 10W-40?
Efek jangka pendeknya adalah bahan bakar akan menjadi lebih boros jika pakai 10W-40, karena oli lebih kental dan putaran menjadi lebih berat.
Secara teori untuk perawatan, oli 10W-40 masih in range menggantikan 5W-30 karena suhu lingkungan Indonesia masih di sekitar 30-40C.
Rekomendasi oli Agya
Oli yang tepat untuk Toyota Agya adalah Fastron Gold 5W-30 dari Pertamina Lubricants. FASTRON GOLD SAE 5W-30 merupakan pelumas mesin kualitas premium yang diformulasikan dari bahan dasar sintetik dan aditif pilihan dengan tingkat unjuk kerja tertinggi API Service Category; SN/CF. FASTRON GOLD SAE 5W-30 juga memenuhi spesifikasi yang ketat OEM seperti Mercedes-Benz, BMW, VW, dan Porsche. Jadi memang sudah teruji dan juga diakui secara internasional.
FASTRON GOLD SAE 5W-30 disarankan untuk kendaraan generasi terbaru dari pabrikan kendaraan terkemuka yang beroperasi pada kondisi ekstrem, khususnya mesin bensin yang dilengkapi dengan exhaust after treatment devices.