HPK

fabrikor ikea grebbestad ikea ikea thyge ikea nymane nymane ikea ikea slattum slakt ikea ikea plufsig ikea 360 ikea ranarp lustigt ikea ikea paks bekant ikea ikea england ikea knagglig ikea bekant ikea dinera ikea blanda blank ikea klipsk skogsta ikea ikea saljan ikea tisken ikea sketchup ikea lampa betydlig ikea ikea sortera ikea vimle ikea racka ikea räcka lacko ikea ikea sundvik ikea business ikea galant interikea ikea bergenes ikea brada ikea ps 2017 ikea fredde mala ikea ikea sniglar ikea bor ikea alex drona ikea ikea burvik ikea fniss ikea elvarli ikea kuggis vangsta ikea ikea strandmon sortera ikea tornviken ikea ikea isberget ikea fargrik tjena ikea ikea oddvald ikea ar ikea duktig ikea skruvsta ikea chosigt ikea lego oftast ikea ikea besta ikea molte ikea tjena sporren ikea duktig ikea ekedalen ikea ikea 365 vittsjo ikea ikea mackapar tolsby ikea burvik ikea ikea brusali ikea ordning ikea tjusig ikea hafslo dinera ikea ikea norden iway ikea tisken ikea ikea jokkmokk snille ikea lill ikea signum ikea klipsk ikea ikea musken ikea markus stuk ikea ordning ikea ikea omar ikea vardagen knagglig ikea ikea flisat ikea glis ikea ladda hammarn rinnig ikea ikea forsa tillreda ikea ikea toftbo ikea snille vesken ikea ikea hektar fniss ikea racka ikea räcka ikea ikea ledberg ikea rissla bergenes ikea stora ikea ikea lillangen ikea kura ikea vesken ikea snudda ikea grundvattnet bolmen ikea ikea ps 2014 ikea marit ikea bolmen romma ikea fredde ikea ikea brogrund ikea knopparp finnvard ikea ragrund ikea ikea ps vago ikea oxberg ikea virgil abloh baby ikea

Menu Navigasi

Anti Karat dan Peredam Suara Semprot Toyota Agya

Salah satu penambahan pertama yang saya lakukan setelah serah terima Agya saya dari Auto2000 adalah melapisinya dengan anti karat berikut dengan peredam suara semprot karena proses penyemprotan keduanya meliputi area yang hampir sama.

Sebelum proses penyemprotan dilakukan, mobil dibersihkan terlebih dahulu agar supaya aplikasi anti karat dan peredam bisa optimal.
Seperti yang terlihat di gambar atas, kondisi bagian bawah Toyota Agya sama sekali tanpa lapisan anti karat. Pada gambar bawah adalah kondisi kolong Toyota Agya setelah penyemprotan anti karat dan peredam. Bagian-bagian spt pipa exhaust, knalpot dan roda-roda semuanya ditutup plastik sebelum penyemprotan.  

Lama proses pengerjaan untuk pelapisan anti karat dan peredam suara ini kira-kira 8 jam. Bagian-bagian selain kolong dan fender yang disemprot peredam suara meliputi juga pintu-pintu (termasuk pintu bagasi belakang) dan kap mesin. Firewall tidak di treatment karena disana banyak komponen kelistrikan yang akan menimbulkan resiko bila di treatment. 


Hasil dari anti karat tentu saja belum dapat dirasakan, akan tetapi efek dari peredam suara terutama di bagian fender (spakbor) lumayan signifikan. Suara gesekan roda dengan aspal cukup berkurang dan suara speaker bawaan pabrik terdengar sedikit lebih baik setelah pintu-pintu dilapisi peredam. Tapi menurut saya pribadi, bagi yang serius ingin mengupgrade tataan audio di Agya haruslah berinvestasi kembali di peredam model tempel karena peredam suara semprot ini tidak mengurangi vibrasi/ getaran yang sangat menggangu ketika kita sedang mendengarkan musik. 



Di samping hal positif diatas, aplikasi anti karat dan peredam suara semprot mempunyai beberapa poin negatif, diantaranya:


  1. Bau. Ya, hal ini merupakan efek paling buruk dari aplikasi anti karat dan peredam semprot. Aroma seperti minyak tanah atau solar akan tercium sangat kuat di dalam kabin, yang menurut saya sudah tidak bisa di toleransi. Maka dari itu untuk Agya users yang ingin melakukan treatment ini saya sarankan untuk menyiapkan alternatif transport selama paling tidak 3 hari pasca penyemprotan untuk menghilangkan bau tersebut. 
  2. Kerapian. Karena penyemprotan dilakukan oleh tangan manusia maka hasil kerja sangatlah tergantung dari skill pekerja yang menyemprot mobil kita. Alangkah baiknya kita bisa segera mengecek kondisi mobil kita dengan seksama pasca penyemprotan. Perhatikan bagian plafon, pilar-pilar dan jok yang sering terkena cap tangan dan body mobil yang tidak seharusnya terkena semprotan untuk segera dibersihkan karena jika tidak nantinya akan sulit dibersihkan.
  3. Pengulangan treatment setiap tahun adalah suatu keharusan pada antikarat jenis semprot karena kondisi pemakaian sangat mungkin ada beberapa lapisan yang sdh terkikis sehingga perlu untuk di semprot ulang. Beruntung untuk pengulangan biasanya biaya yang dikeluarkan relatif murah bila dibandingkan dengan harga penyemprotan awal.
  4. Untuk jangka waktu yang panjang, kotoran akan lebih mudah menempel di permukaan anti karat yang relatif lengket. 
Alternatif lain yang saya tidak coba adalah anti karat elektronik yang prosesnya jauh lebih praktis, bahkan mencakup atap dan poin-poin negatif diatas dapat dihindari. Untuk investasi awal anti karat elektrik mungkin sedikit lebih mahal akan tetapi hasil jangka panjangnya masih wait and see juga.
Bagikan ke Facebook

Artikel Terkait